• SMK NEGERI 10 PINRANG
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Pemanfaatan Aplikasi Plickers dalam Evaluasi Pembelajaran

Pemanfaatan Aplikasi Plickers dalam Evaluasi Pembelajaran

Oleh Fitriani, S.Pd

 

 

Bab I

Pendahuluan

 

  1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi di era sekarang ini semakin pesat. Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini bisa diterapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas yang canggih untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Penggunaan teknologi terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang jauh lebih menarik sehingga anak akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pembelajaran. Salah satu contoh penggunaan teknologi yang dapat memudahkan proses belajar mengajar baik siswa maupun guru yaitu informasi terkait pembelajaran dapat dengan mudah didapatkan selama proses pembelajaran dengan media internet. Kemajuan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan media teknologi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Pola pendidikan sekarang sangat di pengaruhi oleh kemajuan teknologi yang berdampak diterapkannya unsur media pembelajaran sebagai perantara atau penyampai informasi dan materi dalam proses pembelajaran. Dalam penggunaannya kita perlu memilih dengan tepat media apa yang cocok dan sesuai serta layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini tidak lepas dari berbagai macam faktor seperti psikologi anak, kesiapan belajar anak, dan penguasaan anak terhadap media tersebut.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, diperlukan motivasi yang tinggi dalam belajar. motivasi belajar adalah faktor psikis yang bersifat non-intelektual yang memiliki peran dalam hal menumbuhkan gairah, semangat belajar dan perasaan senang pada saat melakukan kegiatan belajar (Sudijono, 2007). Motivasi merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan belajar. Keberhasilan belajar siswa diukur melalui pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Menurut Sudjana (1991: 111), untuk dapat menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan dan pengajaran perlu dilakukan usaha atau tindakan penilaian atau evaluasi. Untuk melakukan evaluasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan multiple choice. Tentu kita ketahui bahwa bentuk tes berupa multiple choice merupakan bentuk tes yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih jawaban yang paling tepat dari pertanyaan yang disediakan. Pada sisi penilaian, bentuk tes multiple choice lebih mudah diolah karena jawaban dari siswa lebih jelas, apakah itu A, B, C atau D. Jika jawaban yang benar B, maka siswa yang menjawab A, C dan D sudah pasti dianggap salah. Berbeda dengan essay jawaban dari masing-masing individu biasanya bervariasi dan dari jawaban tersebut kita bias mencoba memahami pola pikir dan kreatifitas siswa dari jawabannya.

Kehadiran teknologi dan kemajuan internet sangat mendukung dalam pengembangan media pembelajaran. Salah satu perangkat lunak yang dapat membantu dalam pengembangan media pembelajaran adalah aplikasi plickers.  Plicker adalah media yang memungkinkan guru untuk melakukan pengumpulan data penilaian formatif.

                                                                                       

  1. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang diangkat pada makalah ini adalah :

  1. Apakah pengertian aplikasi Plickers?
  2. Apakah kelemahan dan kelebihan aplikasi plickers?
  3. Bagaimanakah pemanfaatan aplikasi plickers dalam evaluasi pembelajaran?

 

  1. Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini :

  1. Untuk mengetahui pengertian atau definisi dari aplikasi plickers.
  2. Untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dari aplikasi plickers.
  3. Untuk mengetahui manfaat aplikasi plickers dalam evaluasi pembelajaran.

 

  1. Manfaat

Dengan adanya makalah ini pembaca dapat mengetahui lebih dalam mengenai media pembelajaran khususnya penggunaan aplikasi plickers sebagai media yang digunakan untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Penulis berharap dengan adanya makalah ini pembaca dapat memanfaatkannya sebagai referensi dalam penggunaan aplikasi plicker khususnya pada kegiatan penilaian atau evaluasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan.

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

Pembahasan

 

  1. Pengertian Aplikasi Plickers

Plickers merupakan salah satu jenis aplikasi pada perangkat mobile dan juga tersedia dalam bentuk website. Plickers merupakan aplikasi bantu yang digunakan oleh guru untuk memberikan penilaian untuk menerapkan tes model multiple choice dan mengumpulkan data dari hasil penilaian secara real-time tanpa memerlukan perangkat dari siswa (https://plickers.com).

Plickers memungkinkan kita membuat kelas interaktif khususnya dalam memberikan penilaian ke siswa. Plickers menggabungkan pemanfaatan teknologi dan metode konvensional. Untuk menerapkannya di kelas, caranya cukup mudah, siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan menggunakan kertas atau kartu dengan gambar kode tertentu mirip seperti QR Code kemudian akan digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Sebelum mengoperasikan Plickers, guru memerlukan perangkat mobile berupa smartphone dan perangkat komputer atau laptop. Terlebih dahulu guru harus mendownload aplikasi Plickers kemudian menginstalnya pada smartphone. Aplikasi Plickers dapat didownload secara gratis. Selanjutnya guru membuka website Plickers yaitu https://plickers.com/  melalui perangkat komputer atau laptop dan membuat akun pengguna untuk kemudian menjadi tempat pembuatan soal dan daftar hadir siswa sehingga setiap siswa dapat memperoleh kartu yang digunakan untuk menjawab soal. Soal yang telah dibuat kemudian ditampilkan melalui layar lcd proyektor, siswa cukup mengangkat kartu untuk dipindai oleh guru menggunakan smarphone yang sudah terkoneksi dengan aplikasi plickers. Selanjutnya jawaban siswa akan terdata di system untuk diolah menjadi skor per siswa.

 

  1. Kelemahan dan Kelebihan Aplikasi Plickers

Penggunaan media teknologi dalam proses belajar mengajar merupakan sebuah solusi yang dapat digunakan oleh seorang guru agar tujuan dari pembelajaran dapat sesuai dengan yang di rencanakan. Penggunaan aplikasi plickers dalam penilaian pembelajaran dapat membuat kegiatan menjadi menarik dan menyenangkan bagi siswa, hal tersebut membuat pemberian evaluasi bagi siswa menjadi kegiatan yang dinantikan tentunya dapat memberi motivasi kepada siswa untuk lebih semangat dalam belajar. Di samping penggunaan aplikasi ini dapat digunakan secara gratis juga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Siswa akan berlomba-lomba untuk mendapatkan skor tertinggi. Selain itu guru juga dimudahkan dalam pemeriksaan hasil belajar siswa dengan disediakannya data skor jawaban dalam aplikasi. Namun ada beberapa kelemahan dari penggunaan aplikasi ini yaitu, kendala jaringan dapat menghambat kelancaran penilaian atau evaluasi dan siswa yang dapat dengan mudah mengganti jawaban dengan melihat jawaban siswa yang lain dari kartu yang diperlihatkan.

 

  1. Manfaat aplikasi plickers dalam evaluasi pembelajaran.

Plickers merupakan sebuah alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran di kelas dimana guru tidak memerlukan perangkat mobile dari siswa. Plickers memungkinkan seorang guru untuk mengemas penilaian dengan menciptakan suasana yang menyenangkan pada kegiatan penilaian. Aplikasi Plickers dapat digunakan untuk memberikan penilaian dalam bentuk soal pilihan ganda maupun benar salah menggunakan barcode (kartu kode). Dengan pemindaian jawaban secara cepat, guru bisa mendapatkan tabulasi jawaban siswa di kelas.

Plickers memiliki peran dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa karena pemanfaatan Plickers untuk penilaian. Penilaian bertujuan untuk memantau kemajuan belajar peserta didik selama proses belajar berlangsung, memberikan balikan (feedback) bagi penyempurnaan program pembelajaran, serta untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dalam pembelajaran yang memerlukan perbaikan. Sehingga hasil belajar peserta didik dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi lebih baik.

Fungsi penilaian bagi siswa ditinjau dari dasar psikologis yaitu sebagai pedoman bagi sikap dan tingkah lakunya. Hasil penilaian dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam meningkatkan atau mempertahankan hasil belajarnya, dan juga sebagai pedoman untuk mempelajari bahan-bahan pengayaan. Plickers merupakan sebuah media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk memberikan penilaian terhadap siswa sehingga bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru lebih variatif. Penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Selain itu, dalam pemanfaatan Plickers dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang berarti melibatkan TIK.

Pemanfaatan potensi TIK dalam pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari dua sisi yaitu: 1) guru dapat memanfaatkan TIK sebagai alat bantu dalam pembelajaran, untuk menambah pengetahuan dan bahan belajar, untuk tutorial dan menambah wawasan, 2) peserta didik yang menggunakan TIK sebagai alat untuk belajar dalam meningkatkan pengetahuan dan membuka wawasan mengenai pembelajaran.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. Simpulan

Media aplikasi plickers merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk memberikan penilaian terhadap siswa sehingga bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru lebih variatif serta menyenangkan bagi pelaksanaan pembelajaran. Dalam penggunaannya dalam proses pembelajaran, untuk mendapatkan hasil yang optimal kita harus mengetahui mengenai beberapa hal yang merupakan prinsip-prinsip dari media tersebut. Dan yang terpenting sebelum menggunakan aplikasi plickers tersebut harus mengikuti langkah-langkah yang ada sehingga penggunaannya tepat guna.

  1. Saran

Dengan adanya makalah ini diharapkan para pembaca dapat mengetahui tentang definisi, kelemahan dan kekurangan, serta manfaat penggunaan media aplikasi plickers dalam mata pelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Dan juga dapat di jadikan referensi atau pedoman dalam memecahkan masalah masalah yang berkaitan dengan media plickers. Untuk kekurangan dalam makalah ini penulis mohan maaf yang sebesar-besarnya dan penulis pun siap menerima revisi dari pembaca.

 

 

Lampiran

Komentari Tulisan Ini